Hallo Broeder inside

inMagz.id

Inside Magz menyadari bahwa sebuah karya tulis akan lebih indah dipandang mata bila tersaji dalam kemasan desain yang segar. Tampilan yang ‘enak’ serta nyaman di mata, akan mengantar dan mewarnai pandangan pembaca mulai dari awal hingga akhir setiap paragraf.

November 2020
SSRKJSM
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30 

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 285 pelanggan lain

24/09/2021

Inside Magz

Nyaman di Mata – Asik Dibaca

by. ist

Kebun Raya Balikpapan jadi Destinasi Wisata Pendidikan dan Lingkungan

SELAIN sebagai tempat wisata, Kebun Raya Balikpapan juga kerap dikunjungi oleh parah ahli biologi untuk melakukan penelitian bidang tumbuhan. Maka tak heran jika tempat ini pantas disebut sebagai destinasi wisata pendidikan dan lingkungan.

Lokasi wisata pendidikan dan lingkungan ini menyediakan berbagai sarana prasarana yang dapat dinikmati umum. Ya seperti, restoran, pendopo, gazebo, lamin ulin, rumah adat khas Dayak Kalimantan, Kebun Konservasi, Rumah Anggrek dan Rumah Paranet hingga taman bermain. Tentu tak luput, lengkap dengan fasilitas-fasilitas penunjang lainnya seperti toilet dan mushola.

Menariknya, ada sekitar ratusan jenis dan ribuan spesimen tanaman anggrek asli dari yang sering dijumpa hingga spesies langka. Seperti anggrek bulan, anggrek tebu, dan hingga Anggrek Hitam yang notabene tanaman asli dari Kalimantan.

Selain itu, rumah paranet adalah area pembibitan yang didominasi oleh jenis alang-alang dan paku-pakuan dengan konstruksi bangunan yang terbuat dari beberapa jenis kayu dengan menggunakan paranet sebagai atapnya.

Demo Mahasiswa di Palu Pertanyakan Kasus Bupati Parimo, Jaksa Bilang Sabar

Continue Reading Demo Mahasiswa di Palu Pertanyakan Kasus Bupati Parimo, Jaksa Bilang Sabar

Parigi Moutong Diguncang Gempa 4.4 Magnitudo, Jam 10 Malam Minggu

Continue Reading Parigi Moutong Diguncang Gempa 4.4 Magnitudo, Jam 10 Malam Minggu

Dari Popularitas Hingga Perkara Menimpa Bupati Mantan Tentara

Continue Reading Dari Popularitas Hingga Perkara Menimpa Bupati Mantan Tentara

Satgas Bentukan Pemda Pasangkayu Dikalah Covid 19

Continue Reading Satgas Bentukan Pemda Pasangkayu Dikalah Covid 19

Terbayang bukan seperti apa menariknya Kebun Raya Balikpapan untuk dikunjungi, kebun raya buka setiap hari pada pukul 08.30 hingga 14.30 Wita.

Pasti Anda penasaran kan berapa tiket masuk untuk mengunjungi kebun raya ini, ya untuk pengunjung perorangan yang hendak ke Kebun Raya Balikpapan tidak akan dikenai tarif masuk.

Sedangkan pengunjung yang menggunakan kebun raya secara kelompok untuk kegiatan massal, akan dikenai biaya dengan tarif sukarela.

Jadi tunggu apalagi, sempatkan diri Anda untuk berwisata edukasi di Kebun Raya Balikpapan.

Melihat koleksi Flora langka Anggrek Hitam di Kebun Raya Balikpapan, ada 1.200 spesies tanaman!

Berlibur diakhir pekan untuk sekedar melepas penat karena beban pikiran yang menumpuk, nampaknya kerap dilakukan oleh kalangan banyak orang. Entah sekadar bersantai di rumah, atau bereksplorasi mengunjungi destinasi wisata yang ada.

Berbicara mengenai destinasi wisata, Balikpapan sebagai kota yang terkenal akan destinasi pantainya, ternyata menyimpan pula destinasi wisata seputar tanaman. Ya, Kebun Raya Balikpapan namanya. Destinasi wisata ini terletak di kawasan Hutan Lindung Sungai Wain atau lebih tepatnya di Jalan Soekarno Hatta Km. 15, Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Dibutuhkan waktu perjalanan sekitar 35 menit sampai 50 menit dari pusat Kota Balikpapan hingga sampai ke Kebun Raya Balikpapan.

Jika Anda hendak mengunjungi Kebun Raya Balikpapan, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda empat ataupun kendaraan roda dua.

Tumbuhan-tumbuhan tersebut dirawat dengan teliti dan hati-hati karena masih berhubungan untuk kepentingan penelitian ilmiah.

Koleksi tumbuhan yang dimiliki kebun raya ini dibiarkan tumbuh di alam terbuka sehingga pengunjung dapat bebas mengamati tumbuhan yang ada.

Kebun Raya Balikpapan diresmikan pada Agustus 2014, tempat ini dibangun bertujuan untuk konservasi alam, objek wisata pendidikan, serta pelestarian flora asli dari Kalimantan yang sudah hampir punah.

Kebun Raya Balikpapan atau yang kerap disebut KRB ini merupakan kebun raya pertama di Kalimantan dan di kelola oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

Selain pertama di Kalimantan, KRB tercatat sebagai salah satu kebun raya terluas di Indonesia. Luasnya sendiri mencapai 309,2 hektare. Wah pasti anda terbayang kan seperti apa luasnya kebun raya ini.

Tiba di KRB Anda akan disajikan dengan beragamnya spesies tanaman.

Tercatat ada sekitar 1.200 spesies tanaman, termasuk Anda dapat melihat langsung tanaman endemik asli Kalimantan seperti tanaman Anggrek Hitam, Jahe Balikpapan hingga tanaman Tabernamontana Macrocarpa.

Terbayang bukan sebanyak 1.200 spesies terdapat di KRB.

Namun tenang saja, bagi Anda yang hendak berkeliling dan mengetahui lebih lengkap spesies apa saja yang ada di Kebun Raya Balikpapan, disarankan untuk menggunakan jasa pendamping sehingga Anda akan mendapatkan informasi yang lengkap.

“Sangat lengkap sekali ya tanaman di sini kebetulan saya juga baru pertama kali datang ke sini. Ternyata tempatnya sangat luas sekali,” ujar Puput, pengunjung Kebun Raya Balikpapan.

Artikel dan foto telah tayang di tribunkaltim.co dengan judul Hanya Bayar Sukarela, Kebun Raya Balikpapan Jadi Destinasi Wisata Pendidikan dan Lingkungan, artikel asli melalui akses ke link berikut: https://kaltim.tribunnews.com/2020/11/25/hanya-bayar-sukarela-kebun-raya-balikpapan-jadi-destinasi-wisata-pendidikan-dan-lingkungan?page=4.