Hallo Broeder inside

inMagz.id

Inside Magz menyadari bahwa sebuah karya tulis akan lebih indah dipandang mata bila tersaji dalam kemasan desain yang segar. Tampilan yang ‘enak’ serta nyaman di mata, akan mengantar dan mewarnai pandangan pembaca mulai dari awal hingga akhir setiap paragraf.

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 285 pelanggan lain

24/09/2021

Inside Magz

Nyaman di Mata – Asik Dibaca

alt=Julie Sutrisno Dukung Pemerintah Rehabilitasi Ekosistem Mangrove

Anggota Komisi IV DPR RI Julie Sutrisno saat rapat di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 16 Maret. (Foto: Metari/Man)

Julie Sutrisno Dukung Pemerintah Rehabilitasi Ekosistem Mangrove

JAKARTA – Anggota Komisi IV DPR RI Julie Sutrisno mendukung upaya pemerintah untuk merehabilitasi ekosistem mangrove. Dikatakannya, dampak kerusakan mangrove yang sangat luas terhadap ekosistem biota laut juga ikut mempengaruhi kehidupan sosial ekonomi masyarakat.

“Kami mendorong pemerintah pusat untuk meningkatkan koordinasi dengan pemerintah daerah dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat yang tinggal di kawasan hutan mangrove agar turut menjaga kelestarian ekosistem mangrove,” ucap Julie di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 16 Maret 2021.

Selain hal-hal teknis seperti metode penanaman, analisis arus, dan kualitas air, sambung Julie, ada hal lain yang juga perlu diperhatikan yaitu bagaimana agar masyarakat turut serta secara aktif dalam merawat dan memantau progres rehabilitasi mangrove untuk menjamin keberlanjutan program.

“Program rehabilitasi ekosistem mangrove juga perlu dilakukan dengan memperhatikan perspektif gender, antara lain melalui pemberdayaan perempuan kelompok muda serta dengan peningkatan kualitas teknis di kawasan mangrove,” ujarnya.

Menurut politisi Fraksi Partai NasDem itu, edukasi aktivitas rehabilitasi ekosistem mangrove juga harus lakukan dengan menggunakan istilah-istilah yang dapat dipahami oleh keluarga atau masyarakat setempat.

“Kepedulian masyarakat terhadap kawasan mangrove harus terus ditingkatkan. Rehabilitasi dan konservasi hanya akan berlanjut dengan adanya kerjasama dan partisipasi masyarakat. Oleh karenanya perlu ada edukasi mengenai potensi  kawasan hutan mangrove sebagai tujuan wisata agar dapat menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat,” pungkasnya.*

Lihat sumber: