Hallo Broeder inside

inMagz.id

Inside Magz menyadari bahwa sebuah karya tulis akan lebih indah dipandang mata bila tersaji dalam kemasan desain yang segar. Tampilan yang ‘enak’ serta nyaman di mata, akan mengantar dan mewarnai pandangan pembaca mulai dari awal hingga akhir setiap paragraf.

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 285 pelanggan lain

17/09/2021

Inside Magz

Nyaman di Mata – Asik Dibaca

Ilustrasi Rambut Sehat Credit: pexels.com/Curve

Makanan Sehat ini Bisa Bikin Rambut Tumbuh Lebih Lebat dan Ternutrisi

Seperti yang banyak orang bilang, rambut merupakan ‘mahkota’ perempuan. Hal inilah yang membuat setiap perempuan pastinya mendambakan rambut yang lebat dan sehat sehingga mahkotanya terlihat indah. 

Namun, sebagian orang memiliki masalah kerontokan dan kebotakan dini atau yang disebut dengan alopecia. Alopecia areata adalah sebuah kondisi di mana rambut rontok dalam jumlah cukup banyak, namun kondisi kerontokan ini tak terjadi secara permanen, dikutip dari Get the Gloss, Senin (16/8). 

Penting bagi kita untuk menjaga kesehatan kulit kepala sehingga bisa meminimalisasi terjadinya kerontokan rambut dan kondisi rambut yang kering. Dilansir dari Prevention, perlu diketahui, setiap helai rambut terdiri dari sel-sel yang mengandung protein keras yang disebut keratin, dan mereka perlu terus-menerus diberi nutrisi dengan mineral dan vitamin agar membuat rambut menjadi panjang dan kuat. 

Selain itu, pertumbuhan rambut juga tergantung pada faktor seperti usia, kesehatan, genetika, dan diet. Kita tidak dapat mengubah faktor seperti usia dan genetika. Namun, diet adalah salah satu faktor yang bisa kita kendalikan. Sehingga, mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang tepat akan mengurangi risiko kerusakan rambut. 

Makanan-makanan yang seimbang dengan nutrisi yang tepat dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, terutama jika kamu mengalami kerontokan rambut karena nutrisi tak diperoleh rambut. 

Fimela.com telah menghimpun dari berbagai sumber, 6 jenis makanan sehat yang bisa kamu konsumsi untuk mengatasi kerusakan dan kerontokan rambut. Apa saja 6 makanan tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

Telur

Telur adalah sumber protein dan biotin. Dua nutrisi ini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Dilansir dari Healthline, biotin membuat enzim bekerja untuk memetabolisme nutrisi, seperti lemak dan karbohidrat yang menyehatkan folikel rambut. 

Dokter Ahli Bedah Plastik Anthony Youn mengatakan bahwa bagian kuning telur sangat kuat untuk vitamin D yang penting untuk dikonsumsi oleh tubuh karena tubuh tak memproduksi vitamin D secara alami, dikutip dari Preventing.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengonsumsi telur agar kebutuhan protein untuk pertumbuhan rambut dapat terpenuhi, dan telur adalah salah satu sumber protein terkaya. 

Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau sehat yang sarat dengan nutrisi bermanfaat seperti folat, zat besi, dan vitamin A dan C, yang semuanya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. 

Sehingga, menurut Dr. Wendel, dikutip dari Healthline, bayam dapat membantu memenuhi nutrisi yang dapat membantu mencegah penipisan rambut. “Bayam sangat penting untuk sintesis kolagen dan ikatan silang serat keratin, yang terjadi ketika produksi serat rambut,” ujarnya. 

Zat besi yang terkandung dalam bayam juga membantu sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh untuk memicu metabolisme dan membantu pertumbuhan dan perbaikan rambut.

Alpukat

Buah alpukat kaya akan vitamin E yang sangat baik dan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Satu buah alpukat berukuran sedang (sekitar 200 gram) menyediakan 21% kebutuhan vitamin E harianmu. 

Dalam sebuah penelitian, orang dengan rambut rontok mengalami pertumbuhan rambut sebesar 34,5% lebih banyak setelah mengonsumsi suplemen vitamin E selama 8 bulan. Hal inilah yang membuktikan bahwa alpukat sebagai sumber vitamin E alami mampu mengatasi masalah kerusakan dan kerontokan rambut. 

Selain menyehatkan rambut, alpukat juga kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung. Sehingga, kamu bisa menambahkannya dalam sarapanmu, atau mencampurnya menjadi smoothie. 

Ikan berlemak

Ikan berlemak, seperti salmon, herring, tuna, dan sarden mengandung protein, vitamin D, omega-3, dan komponen penumbuh rambut lainnya seperti asam linoleum, dan asam lemak esensial untuk menutrisi kulit dan menebalkan lapisan lemak di sekitar rambut. 

Sebuah studi menunjukkan bahwa 120 perempuan yang mengonsumsi suplemen yang mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 serta antioksidan mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan kelebatan rambut. 

Studi lain juga menemukan bahwa mengonsumsi suplemen minyak ikan secara rutin dapat mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut pada perempuan dengan kondisi rambut yang menipis.

Ubi Jalar

Ubi manis atau ubi jalar yang disajikan dengan cara apapun dapat menyehatkan rambut karena ubi manis mengandung banyak vitamin A dan B6. faktanya, ubi jalar rata-rata mengandung hampir enam kali lipat nilai vitamin A harian. 

“Vitamin A dapat membantu produksi sebum dan juga dapat membantu mempercepat laju pertumbuhan rambut,” ujar Dr. Klein, dikutip dari Preventing, Senin (16/8). 

Terlebih lagi, vitamin A yang terkandung dalam ubi jalar ini dapat mempercepat laju pertumbuhan rambut yang lebih tebal, sambil mencegah folikel rambut lainnya mengalami kerusakan. 

Yogurt

Yogurt tanpa pemanis mengandung 24 gram protein, yang mana sangat penting bagi kesehatan rambut. Selain itu, yogurt juga mengandung dosis kalsium sebesar 282 mg yang berperan dalam menjaga kesehatan rambut.

Kamu bisa mengonsumsi yogurt ini tanpa ditambahkan apapun, atau bisa juga kamu jadikan smoothies dengan ditambahkan buah beri yang kaya akan vitamin C dan protein sehingga kesehatan rambutmu juga bisa terjaga. 

Keterangan artikel:

Penulis: Chrisstella Efivania | Sumber: Fimela.com