Hallo Broeder inside

inMagz.id

Inside Magz menyadari bahwa sebuah karya tulis akan lebih indah dipandang mata bila tersaji dalam kemasan desain yang segar. Tampilan yang ‘enak’ serta nyaman di mata, akan mengantar dan mewarnai pandangan pembaca mulai dari awal hingga akhir setiap paragraf.

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 284 pelanggan lain

06/18/2021

Inside Magz

Nyaman di Mata – Asik Dibaca

alt=ilustrasi anak membaca alquran

ilustrasi anak membaca Alquran. (Foto: Republika/Tahta Aidilla)

Nasihat Agar Bacaan Alquran Berdampak untuk Pembacanya

Alquran yang Dibaca, Dipahami, dan Diamalkan akan Berdampak

ADA sembilan nasihat bagi para pembaca Alquran. Nasihat ini berkaitan dengan pentingnya menjaga bacaan Alquran sambil mentadaburinya.

Berikut ini adalah sembilan nasihat sebagaimana dilansir dari laman Alukah. 

Pertama, mencintai Alquran, dan ketajaman membacanya, mentadaburinya dan mengamalkannya adalah tanda-tanda kekuatan iman dan cintanya kepada Allah SWT. 

Sebab, cinta yang sejati bagi Allah SWT, adalah Muslim yang mencintai firman-firman-Nya, dan menikmati bacaan-Nya, serta mendekat kepada Allah SWT melalui bacaan Alquran.

Kedua, membaca Alquran merupakan salah satu alasan terbesar untuk meningkatkan iman. Allah SWT berfirman: 

هُوَ الَّذِي أَنْزَلَ السَّكِينَةَ فِي قُلُوبِ الْمُؤْمِنِينَ لِيَزْدَادُوا إِيمَانًا مَعَ إِيمَانِهِمْ ۗ وَلِلَّهِ جُنُودُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ وَكَانَ اللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمًا “Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin untuk menambah keimanan atas keimanan mereka (yang telah ada). Dan milik Allah-lah bala tentara langit dan bumi, dan Allah Mahamengetahui, Mahabijaksana.” 

Ketiga, mengabaikan tilawah dan tadabur Alquran merupakan alasan lemahnya dan kurangnya iman. Keempat, tilawah dan mentadabburi Alquran adalah bentuk kekuatan cintanya pada Alquran. 

Kelima, tujuan diturunkannya Alquran tidak sekadar membaca dan mentadaburinya tetapi juga mengamalkannya. Allah SWT berfirman: 

كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِيَدَّبَّرُوا آيَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ أُولُو الْأَلْبَابِ “Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran.” (QS Shad:  29)

Keenam adalah memperbanyak perbuatan baik atau amal saleh setiap saat. Karena ini menjadi faktor dijauhkannya dari fitnah. Di antara amal saleh ini adalah tilawah, sholat, doa, istighfar, dan sedekah.  

Ketujuh, membaca Alquran dengan sikap rendah hati dan khusyu’, sebab inilah yang juga akan mendatangkan pahala yang besar. Allah SWT berfirman: 

وَيَخِرُّونَ لِلْأَذْقَانِ يَبْكُونَ وَيَزِيدُهُمْ خُشُوعًا “Dan mereka menyungkurkan wajah sambil menangis dan mereka bertambah khusyuk.” (QS Al-Isra: 109) Kedelapan, Rasulullah SAW bersabda bahwa membaca Alquran di antara amalan yang akan membuat seorang Muslim mendapatkan perlindungan di Hari Kebangkitan kelak.

Kesembilan, berusahalah untuk ikhlas dalam mengerjakan amal sholeh dalam hal ini tilawah Alquran. Sebab keikhlasan ini merupakan wujud kecintaannya kepada Allah SWT. Dan bahwa segala sesuatu itu datangnya dari Allah SWT dan segala amal perbuatan tidak akan diterima tanpa ridha-Nya.

Dikutip dari republika.co.id