Hallo Broeder inside

inMagz.id

Inside Magz menyadari bahwa sebuah karya tulis akan lebih indah dipandang mata bila tersaji dalam kemasan desain yang segar. Tampilan yang ‘enak’ serta nyaman di mata, akan mengantar dan mewarnai pandangan pembaca mulai dari awal hingga akhir setiap paragraf.

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 285 pelanggan lain

07/12/2021

Inside Magz

Nyaman di Mata – Asik Dibaca

alt=Azis Syamsuddin

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin. (Foto. Dok DPR RI)

Menyikapi Tahanan Kabur, DPR RI Minta Kemenkumham Berbenah

JAKARTA– Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin menyesalkan terjadinya peristiwa tahanan narkotika atas nama Melvira alias Anjani yang kabur dari Lapas Kelas III Palu, Sulawesi Tengah.

Azis Syamsuddin bilang, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) perlu berbenah atau melakukan evaluasi untuk lebih meningkatkan pengawasan dan keamanan ketat di Lapas.

“Kemenkumham harus segera menambah jumlah sipir dengan melakukan penyesuaian jumlah tahanan, apalagi Lapas yang mengalami kelebihan kapasitas, tentunya harus disesuaikan,” kata Azis Syamsuddin dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Baca: Melvira alias Anjani, Tahanan Wanita Kasus Narkotika Kabur dari Lapas

Menurut dia, jangan sampai jumlah tahanan tidak sebanding dengan jumlah sipir, dan pengawasan serta pengamanan melalui kamera pengawas atau CCTV harus lebih dimaksimalkan untuk mempermudah pengamatan di seluruh wilayah Lapas.

Baca: Persidangannya sudah Diagendakan, Tapi Anjani Kabur

Dia menilai, kaburnya tahanan dari lembaga permasyarakatan bukan yang pertama kali terjadi sehingga menjadi ‘PR’ (pekerjaan rumah) bagi Kemenkumham untuk lebih melakukan perbaikan dari segi sarana dan prasarana, serta Sumber Daya Manusia di lingkungan Lapas.

Baca: Ternyata Anjani Janda, Tanggal 27 Maret ini Dia Ulang Tahun

“Saya berharap kaburnya tahanan di Palu menjadi yang terakhir, dan peristiwa ini dapat dijadikan pelajaran agar tidak terulang kembali di setiap Lapas di seluruh Indonesia,” harapnya.

Politisi partai Golkar itu meminta Lapas Kelas III Palu dapat segera melakukan komunikasi dan koordinasi terhadap pihak kepolisian agar dapat segera ditangkap kembali tahanan atas nama Melvira yang lolos melarikan diri.

Baca: Jejak Tentang Tahanan-Tahanan Kabur di Sulteng

Dia menegaskan bahwa Lapas Kelas III Palu harus bertanggung jawab karena wilayah Sulawesi merupakan daerah yang luas dan memiliki banyak akses untuk melarikan diri.

“Jangan sampai tahanan yang kabur sudah terlalu jauh dan sulit ditemukan,” ucapnya.*

Sumber: IJN News