Hallo Broeder inside

inMagz.id

Inside Magz menyadari bahwa sebuah karya tulis akan lebih indah dipandang mata bila tersaji dalam kemasan desain yang segar. Tampilan yang ‘enak’ serta nyaman di mata, akan mengantar dan mewarnai pandangan pembaca mulai dari awal hingga akhir setiap paragraf.

Februari 2021
SSRKJSM
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 284 pelanggan lain

05/08/2021

Inside Magz

Nyaman di Mata – Asik Dibaca

JAKARTA Kedeputian Bidang Klimatologi BMKG melalui Pusat Layanan Informasi Iklim Terapan menyelenggarakan Webinar Iklim Seri 5 [email protected] dengan tema Kaukus Milennial BMKG: Generasi Muda dalam Aksi Literasi dan Mitigasi Perubahan Iklim, pada Kamis (24/2).

Webinar ini bertujuan untuk memberikan edukasi, sosialisasi, dan kampanye dari isu perubahan iklim di Indonesia, khususnya pada generasi muda. Mainstreaming isu perubahan iklim khususnya kepada generasi muda merupakan usaha yang penting, mengingat generasi muda adalah agent of change atau generasi yang akan berperan sebagai penggerak negara di masa depan.

Dalam hal ini, BMKG dengan generasi mudanya mulai berperan aktif dalam menyikapi isu perubahan iklim, salah satunya adalah dengan membuat forum diskusi dalam format webinar yang berjudul “Generasi Muda dalam Aksi Literasi dan Mitigasi Perubahan Iklim”. Selain membahas isu perubahan iklim, webinar ini juga diharapkan dapat menjadi ajang bertukar informasi dan edukasi mengenai aksi-aksi komunitas yang sudah diinisiasi untuk menghadapi dampak perubahan iklim di Indonesia. Diskusi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan menjadi wadah berbagi inspirasi dalam aksi yang menjadi bagian dari usaha untuk menghadapi dampak perubahan iklim.

Dalam pembukaan webinar ini, Herizal selaku Deputi Bidang Klimatologi BMKG menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh Generasi Muda yang menjadi peserta dan menghadiri acara ini. “Isu perubahan iklim merupakan salah satu tantangan paling besar yang akan dihadapi umat manusia di masa depan dan memiliki dampak yang bersifat multi dimensi. Peningkatan suhu ini tidak lain disebabkan oleh akumulasi gas rumah kaca yang dihasilkan oleh aktivitas manusia, dimana peningkatan ini teramati telah terjadi dengan laju lebih cepat selama beberapa dekade terakhir, ujar Herizal.”

Ia melanjutkan, “acara yang melibatkan generasi muda seperti ini penting kedepannya untuk masa depan iklim dan bumi kita. Generasi muda, generasi pemilik masa depan harus ter-edukasi, peduli, dan mau beraksi untuk menghadapi perubahan iklim, khususnya pada generasi muda di Indonesia.”

Mengakhiri sambutannya, Herizal mengapresiasi generasi muda BMKG dan lainnya yang mulai bangkit dan berperan aktif dalam menyikapi isu perubahan iklim ini, salah satunya dengan membuat forum diskusi dalam format webinar yang berjudul “Generasi Muda dalam Aksi Literasi dan Mitigasi Perubahan Iklim”.

Webinar ini dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom, juga melalui streaming di Kanal Youtube Info BMKG. Kegiatan ini dimoderatori oleh Graziela A Olua. Beberapa narasumer yang hadir diantaranya Yessy Christy (BMKG), Rizki Maulana (KLHK), Bilqis Rulista Al Zahra (Waste4Change), Lia Zakiyyah (Climate Reality Indonesia), dan Amira Hasan (IYKRA).

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat, terutama generasi muda terhadap kondisi terkini perubahan iklim yang terjadi di Indonesia dan juga aksi adaptasi/mitigasi yang telah dilakukan pemerintah, lebih mengenal beberapa aksi-aksi komunitas terkait perubahan iklim di Indonesia serta peningkatan peran serta masyarakat, terutama generasi muda dalam aksi mengurangi dampak perubahan iklim yang terjadi di Indonesia.**

Sumber: BMKG