Hallo Broeder inside

inMagz.id

Inside Magz menyadari bahwa sebuah karya tulis akan lebih indah dipandang mata bila tersaji dalam kemasan desain yang segar. Tampilan yang ‘enak’ serta nyaman di mata, akan mengantar dan mewarnai pandangan pembaca mulai dari awal hingga akhir setiap paragraf.

Juli 2021
SSRKJSM
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031 

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 285 pelanggan lain

04/12/2021

Inside Magz

Nyaman di Mata – Asik Dibaca

Proyek Rujab Dinkes di Parigi tidak Kelar-kelar

Elen Laudia Nelwan, Kepala Dinkes parigi Moutong. (F. Locusnews.com)

Proyek Rujab Dinkes tidak Kelar-kelar, Sudah Telan Biaya Hampir 1 Miliar

SULAWESI TENGAH Pembangunan Rumah Jabatan Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, sampai sekarang terpantau belum kelar. Padahal, Proyek Rujab Dinkes tersebut sudah menelan biaya senilai hampir 1 miliar rupiah.

Data diperoleh redaksi Inside Magz, total uang yang dipetik dari APBD untuk pembangunan hunian pejabat Dinkes sebanyak Rp840 juta. Jumlah tersebut terbagi dalam dua tahap pekerjaan.

Pembangunan tahap pertama memakan biaya Rp490 juta lebih, dan tahap kedua Rp350 juta. Tahap pertama dibangun pada tahun 2018, dan tahap dua dianggarkan di tahun 2021.

“Pada tahap pertama, nama tender pada paket tersebut adalah rehabilitasi Rujab Dinkes. Sedangkan di tahap selanjutnya disebut bangun baru tahap II,” ungkap sumber yang identitasnya dirahasiakan.

Data yang diperoleh redaksi Inside Magz dari narasumber itu dikuatkan dengan arsip pelelangan pada situs LPSE Parigi Moutong.

Pantauan Inside Magz, Senin 19 Juli 2021, pada bagian belakang bangunan Rujab Dinkes hanya terdapat pondasi yang baru terpasang ringsloof, tanpa ada susunan batu bata sebagai dinding. Bahkan, pondasi samping belum dilakukan plesteran sama sekali.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Parigi Moutong, Elen Laudia Nelwan, belum mengetahui progres pembangunan Proyek Rujab Dinkes tersebut.

“Saya belum tau pasti apakah pembangunan Rujab itu selesai atau tidak. Kalau lihat tampak depan sepertinya sudah selesai,” kata Elen yang dihubungi melalui saluran telepon, Senin, 19 Juli 2021.

Sebagai Kepala Dinkes saat ini, Elen menyebut kalau dirinya belum pernah meninjau Rujab yang terletak di Jalan Trans Sulawesi Kelurahan Kampal, Kecapatan Parigi itu.

“Saya belum tau sudah selesai atau belum, dan apakah dibangun baru atau rehab. Tapi kalau liat tampak depan sepertinya bangun baru,” katanya.

Elen menyarankan untuk mengklarifikasi urusan Proyek Rujab Dinkes Parigi Moutong ke Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).

Rijab Dinkes di Parigi Dinilai Mubazir

Awal Bulan Juli 2021, Kepala Dinkes Parigi Moutong, Elen Claudia Nelwan angkat bicara soal Rujab Dinkes setempat.

Rujab Dinkes tersebut terkesan mubazir karena sejak selesai direhab belum juga ditempati sesuai peruntukannya.

Alasan sehingga belum ditempati, menurut Elen, karena fasilitas berupa mobiler dan penunjang lainnya belum tersedia.

“Anggarannya bertahap, jadi belum semuanya selesai termasuk mobiler,” ujar Elen di ruang kerjanya, Kamis, 01 Juli 2021, sebagaimana dilansir Locusnews.com.

Menurut Elen, saat ini ia berencana  mengalihfungsikan bangunan itu untuk dijadikan kantor sementara, karena beberapa bagian gedung lama Dinkes akan direhab.

“Tahun ini sebagian gedung kantor akan direhab, maka Rujab Dinkes itu mau saya jadikan kantor,” katanya.

Kata Elen lagi, kalau gedung tua kantor Dinkes dibongkar maka secara otomatis pelayanan tidak akan efektif, sehingga ia beriniasiatif sebagian Sub bagian akan melakukan pelayanan di Rujab tersebut.*

Lihat penulis:
Iklan Layanan Dishub Parigi Moutong 1