Dinas Perpustakaan Parigi Moutong Canangkan GNSTA Guna Wujudkan Tertib Arsip

INMAGZ.id – Di Aula Lantai II Kantor Bupati Parigi Moutong, Dinas Perpustakaan Parigi Moutong menyelenggarakan sosialisasi empat pilar kearsipan dan mencanangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lembaga negara dan pemerintah daerah dalam mewujudkan tujuan penyelenggaraan kearsipan.

Ketua Panitia Kegiatan, Hj. Nurdiani Musdin, SKM, M.AP, yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan Dinas Perpustakaan Kabupaten Parigi Moutong, menjelaskan bahwa Gerakan Nasional Tertib Arsip merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran lembaga negara dan pemerintah daerah dalam mewujudkan tujuan penyelenggaraan kearsipan.

Upaya ini mencakup aspek kebijakan, organisasi sumber daya manusia kearsipan, sarana prasarana, pengelolaan arsip, dan pendanaan kearsipan yang lebih baik.

Nurdiani menjelaskan bahwa tujuan dari pelaksanaan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip dan sosialisasi empat pilar kearsipan adalah meningkatkan pemahaman tentang gerakan nasional tersebut serta mendorong semua organisasi perangkat daerah, BUMD, organisasi masyarakat, organisasi politik, perusahaan swasta, dan masyarakat untuk menyusun dan melaksanakan kebijakan pengarsipan secara tertib dan berkesinambungan.

Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk mendorong semua elemen agar dapat menjalankan tugasnya dengan efisien dan efektif, mengelola sarana prasarana arsip sesuai standar kearsipan, serta meningkatkan sumber daya manusia kearsipan secara optimal dan terpadu.

Nurdiani menekankan bahwa Gerakan Nasional Tertib Arsip dan sosialisasi empat pilar kearsipan merupakan upaya Dinas Perpustakaan Kabupaten Parigi Moutong sebagai perpanjangan tangan dari Pemerintah Pusat untuk meningkatkan sumber daya manusia di bidang kearsipan.

Ia juga mengungkapkan keprihatinannya terhadap fakta bahwa masih banyak OPD yang menganggap arsip tidak begitu penting sehingga belum terkelola dengan baik. Nurdiani menekankan pentingnya menjaga dan melestarikan arsip sebagai hasil memori kolektif bangsa.

Dalam sambutannya, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Parigi Moutong, Abd Aziz Tombolotutu, menyatakan dukungannya terhadap pencanangan Gerakan Nasional Sadar Arsip dan sosialisasi empat pilar kearsipan yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan.*

Red inMagz

banner 970x250
banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *