Hallo Broeder inside

inMagz.id

Inside Magz menyadari bahwa sebuah karya tulis akan lebih indah dipandang mata bila tersaji dalam kemasan desain yang segar. Tampilan yang ‘enak’ serta nyaman di mata, akan mengantar dan mewarnai pandangan pembaca mulai dari awal hingga akhir setiap paragraf.

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 285 pelanggan lain

24/09/2021

Inside Magz

Nyaman di Mata – Asik Dibaca

Air Terjun Pelangi

Objek Wisata Air Terjun yang Mudah Diakses, Cocok untuk Liburan Lebaran

Banyak orang menjadikan Lebaran sebagai kesempatan untuk menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi objek wisata yang dekat dari pusat kota. Nah, bagi kamu yang berada di wilayah Kabupaten Parigi Moutong dan sekitarnya, berikut objek wisata air terjun yang mudah diakses, yang dapat menjadi pilihan untuk mengisi waktu libur Lebaran kali ini.

Air Terjun Olonggata

Objek wisata Air Tejun Olonggata terletak di Desa Olonggata, Kecamatan Moutong. Akses menuju lokasi ini tergolong mudah. Hanya berjarak 1,8 kilometer dari jalan trans Sulawesi Desa Olonggata hingga tempat parkir kendaraan, ditambah berjalan kaki selama 5 menit menuju lokasi air terjun.

Keunikan Air terjun Olonggata terletak pada tebing batu yang di tengahnya terbentuk dua kanal yang mengalirkan air, sehingga tampak seperti air terjun kembar. Di bawahnya terdapat kolam alam dengan air yang begitu jernih.

Biasanya para pengunjung mandi di kolam yang terbentuk alami ini. Jika ingin mengeksplorasi lebih jauh, kita juga dapat berjalan ke atas tebing batu. Udara yang sejuk ditambah suara kicauan burung yang berpadu dengan gemuruh air jatuh membuat setiap pengunjung betah berlama-lama di tempat ini.

Air Terjun Likunggavali

Objek wisata yang satu ini terletak di Desa Uevolo, Kecamatan Siniu. Objek Wisata Likunggavali merupakan lokasi tebing batu alami yang di bersisian dengan air terjun. Tebing batu di tempat ini dijadikan sebagai Pusat Pelatihan Daerah (PUSLATDA) untuk olahraga panjat tebing. Dengan ketinggian jalur panjat mencapai 30 meter.

Terdapat beberapa titik air terjun di tempat ini. untuk melihatnya, kita harus menyusuri sungai dan sesekali memanjat menggunakan tali yang telah disediakan. Di lokasi air terjun pertama, kita akan menemukan air terjun yang jatuh pada batu berbentuk kuali/wajan. Air terjun inilah yang melatarbelakangi nama Likunggavali yang berasal dari kata kavali. Salah satu lema dalam bahasa suku Kaili yang berarti kuali/wajan.

Objek Wisata Likunggavali sering dijadikan lokasi kegiatan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia dan berbagai kegiatan lainnya yang digagas oleh Komunitas Panjat Tebing Merah Putih Likunggavali dan kawan-kawan kelompok pecinta alam.

Air Terjun Pelangi

Ada lagi air terjun lain yang tak kalah menarik di Desa Uevolo. Masyarakat sekitar menyebutnya Air Terjun Pompo, sedangkan pengunjung lebih mengenalnya dengan nama Air Terjun Pelangi. Jarak antara Objek Wisata Likunggavali dan Air Terjun Pelangi cukup dekat. Hanya saja Likunggavali lebih mudah diakses karena terdapat papan petunjuk yang memudahkan para pengunjung menemukan lokasinya, sedangkan untuk mencapai Air Terjun Pelangi, kita harus diantar oleh masyarakat setempat atau orang yang pernah ke sana sebelumnya.

Air Terjun Pelangi memiliki ketinggian kurang lebih 8 meter, dengan tebing dan pepohonan yang mengelilinginya. Di depan air terjun terdapat beberapa batu besar yang dapat dijadikan tempat duduk dan rebahan. Sesekali rebahanlah diatas batu, di depan air terjun, karena rebahan di kasur sudar sangat membosankan.

Udara di sekitar air terjun terasa sejuk dan menyegarkan. Aroma khas pepohonan dan batu yang dibasahi air begitu lembut menyentuh indra penciuman. Seakan menambah nikmatnya suasana, suara air jatuh terdengar begitu indah. Berbeda dengan air terjun di tempat lain yang gemuruhnya sudah terdengar dari kejauhan, suara Air Terjun Pelangi baru terdengar jika kita berada di jarak dekat. Pelan saja, memanjakan telinga dan memberikan efek relaksasi.

Air Terjun Pelangi merupakan pilihan tepat bagi mereka yang mendamba ketenangan. Segala beban pikiran seakan jatuh bersama air dan terbawa oleh arus sungai.

Air Tejun Baturiti

Air terjun Baturiti teletak di wilayah selatan Kabupaten Parigi Moutong. Tepatnya di Desa Catur Karya, Kecamatan Balinggi. Dikemas dengan konsep wisata alam dan budaya masyarakat setempat, suasana Bali terasa begitu kental di tempat ini.

Sebagai objek wisata yang belum lama dibuka, Air Tejun Baturiti menawarkan fasilitas yang boleh dikata lengkap. Terdapat beberapa gazebo yang di setiap unitnya dilengkapi terminal colokan listrik yang dapat mempermudah pengunjung untuk mengisi daya gawai, kamera, serta perangkat elektronik lain untuk menunjang dokumentasi liburan.

Selain itu, di tempat ini juga sudah terdapat warung makan sederhana, fasilitas kamar ganti, dan MCK. Kabar terbaru, di Objek Wisata Air Terjun Baturiti juga telah dibuat miniatur menyerupai patung Merlion di Singapura. Keren kan? Daripada jauh-jauh ke Singapura, mending ke Balinggi aja. Yuk.

Itu dia empat objek wisata air terjun yang mudah diakses yang dapat menjadi alternatif untuk mengisi liburan tipis-tipis selama Lebaran kali ini. Jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, ya.